About KMS HPEQ

Tentang Knowledge Management System (KMS) Health Professionals’ Education Quality (HPEQ) Project

KMS HPEQ


Knowledge Management System (KMS) Proyek Health Professionals’ Education Quality (HPEQ) merupakan suatu metode pendokumentasian produk proyek sebagai sarana pertanggungjawaban publik dan aset proyek yang dapat digunakan secara bebas untuk pengembangan pendidikan profesi kesehatan.

KMS juga berfungsi sebagai kanal komunikasi proyek HPEQ dengan masyarakat profesi kesehatan dan para pemerhati pendidikan.

HPEQ


 

Health Professional Education Quality (HPEQ) Project merupakan proyek di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) yang pendanaannya sebagian dibiayai melalui pinjaman (loan) dari Bank Dunia sesuai dengan Loan Agreement (IBRD) No. 77370–ID. Proyek HPEQ diharapkan akan berkontribusi pada pencapaian peningkatan layanan kesehatan melalui peningkatan kualitas penyedia jasa kesehatan; dokter, dokter gigi, perawat, dan bidan. Tujuan tersebut akan dicapai melalui penguatan sistem dan institusi akreditasi program studi dan sertifikasi lulusan yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan profesional kesehatan. Secara lebih spesifik, tujuan proyek adalah untuk memperkuat kualitas kebijakan pendidikan profesional di bidang kesehatan di Indonesia melalui:

1. Menjabarkan dan memastikan kompetensi profesional kesehatan melalui akreditasi bagi lembaga-lembaga pelatihan profesional kesehatan negeri maupun swasta;
2. Mengembangkan prosedur dan standar uji kompetensi dan sertifikasi bagi tenaga profesional kesehatan secara nasional; dan
3. Membangun kapasitas institusi untuk menerapkan standar akreditasi dan sertifikasi melalui hibah kompetisi peningkatan kualitas pendidikan dokter.

Kemudian untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut proyek HPEQ mengembangkan target dan indikator kunci keberhasilan melalui kegiatan di setiap komponen proyek HPEQ. Adapun komponen-komponen proyek HPEQ adalah sebagai berikut :

Komponen 1


“Memperkuat Kebijakan dan Prosedur untuk Akreditasi InstitusiPendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan

Komponen akan mendukung pemerintah dalam mengembangkan sistem akreditasi yang valid, transparan, kredibel dan dapat bersaing secara internasional untuk pendidikan medis, kedokteran gigi, keperawatan dan kebidanan. Beberapa poin penting yang diimplementasikan oleh komponen 1 adalah :

– Pengembangan Kerangka Strategis, Kebijakan dan Prosedur untuk Akreditasi
– Pengembangan Standar Program Pendidikan Kesehatan dan Standar Kompetensi
– Pengembangan Instrumen Akreditasi
– Pengembangan Kelompok Penilai (Asesor)
– Penyusunan Sistem Akuntabilitas untuk Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan
– Manajemen Data untuk Mendukung Sistem Akreditasi

Komponen 2


“Sertifikasi Lulusan menggunakan Ujian Berbasis Standar Nasional”

Proyek ini akan mendukung penguatan pelaksanaan Ujian Berbasis Standar Nasional untuk dokter, dokter gigi, perawat dan bidan. Beberapa poin yang diimplementasikan oleh komponen 2 proyek HPEQ:

- Mendirikan Badan Uji Nasional Untuk Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan. Intervensi dalam komponen ini adalah :
1. Pendirian NACEHealthPro dan rencana bisnisnya
2. Benchmarking
3. Review dari ahli eksternal dalam mendirikan agensi
4. Dukungan manajemen dan operasional terhadap agensi
5. Standarisasi kualitas manajemen agensi
6. Hibah penelitian kepada institusi pendidikan tinggi untuk menyusun kebijakan evaluasi.
– Memperbaiki Metodologi dan Manajemen Ujian Berbasis Standar Nasional
– Mengembangkan Sistem Jaringan Bank Soal untuk Mendukung Ujian Berstandar Nasional

Komponen 3


“Hasil berdasarkan Financial Assistance Package (FAP) untuk Institusi Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan”

Proyek ini akan mengadopsi 3 prinsip kunci dalam mengalokasikan FAP :

(i) hasil berdasar alokasi sumber daya sesuai dengan evaluasi kinerja tahunan,
(ii) kompetisi yang sehat diantara sekolah medis sesuai dengan kapasitas mereka,
(iii) kerjasama di antara sekolah medis yang sudah unggul maupun yang masih kurang untuk membangun kapasitas sekolah yang masih kurang kuat berdasarkan kebutuhan spesifik mereka.

Komponen 4


“Manajemen Proyek”

Sebuah Central Project Coordination Unit (CPCU) akan didirikan di Dikti sebagai pengelola sumber daya biaya operasional, konsultan manajemen proyek, peralatan kantor, serta monitoring dan evaluasi proyek.