Evaluasi Implementasi PHK-PKPD

phkpkppd 2014

Pendahuluan
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dokter di Indonesia, sejak tahun 2011 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK-PKPD) dengan peserta dari institusi penyelenggara pendidikan kedokteran. Program ini merupakan bagian dari Proyek Health Professional Education Quality (Proyek HPEQ) dengan dukungan dana pinjaman dari Bank Dunia. Penerima dana hibah diseleksi melalui kompetisi yang dilakukan oleh Ditjen Dikti dan berhasil memilih 41 universitas sebagai pemenang PHK-PKPD.

Pada awalnya masa implementasi PHK-PKPD ditetapkan hanya selama tiga tahun (tahun 20112013), namun karena keterlambatan pencairan dana DIPA di tahun anggaran 2013 maka disetujui masa pelaksanaan pekerjaan diperpanjang sampai tahun 2014 dengan persyaratan tertentu. Pada akhir tahun 2012, Ditjen Dikti dan Bank Dunia sepakat untuk mengikutsertakan Universitas Cenderawasih dan Universitas Nusa Cendana dalam Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter ini melalui program hibah afirmasi. Program ini berlangsung selama dua tahun yaitu tahun 2013 sampai 2014.

Sehubungan dengan masa implementasi program yang sudah berakhir maka diperlukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja tiap-tiap penerima hibah untuk melihat ketercapaian program dibandingkan dengan target indikator kinerja pada saat penyusunan proposal awal. Sejumlah evaluasi dan kajian telah dilakukan oleh reviewer yang ditunjuk oleh CPCU baik oleh reviewer Dewan Pendidikan Tinggi (DPT) maupun AIPKI. Selain evaluasi dan kajian tersebut juga telah dilakukan audit keuangan eksternal pada institusi penerima hibah oleh auditor pemerintah (BPKP) untuk melihat kepatuhan dalam pelaksanaan keuangan proyek.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas dan sebagai upaya pembelajaran bersama maka CPCU akan menyelenggarakan pertemuan untuk menyampaikan hasil evaluasi dan kajian atas implementasi PHK-PKPD sekaligus sebagai ajang berbagi pengalaman antar penerima hibah. Melalui praktik baik implementasi dan pembelajaran (lesson learned) diharapkan bisa dihasilkan rekomendasi
untuk pelaksanaan program sejenis di masa datang. Pertemuan ini juga sebagai ajang resmi untuk menutup masa implementasi PHK-PKPD dan memberikan penghargaan terhadap penerima hibah yang dianggap berprestasi terbaik.
Tujuan
• Menutup secara resmi implementasi PHK-PKPD.
• Menyampaikan hasil evaluasi dan kajian atas implementasi PHK-PKPD.
• Berbagi pencapaian dan praktik baik dalam implementasi PHK-PKPD
• Menghasilkan usulan rekomendasi untuk pelaksanaan program sejenis di masa depan.

Keluaran
• Hasil evaluasi dan kajian atas implementasi PHK-PKPD.
• Rangkuman pencapaian dan praktik baik dalam implementasi PHK-PKPD.
• Usulan rekomendasi untuk pelaksanaan program sejenis di masa depan.

Materi Presentasi Implementasi PHK-PKPD

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>